Contact Form diHalaman Statis

 Widget Contact Form Blogger pada Halaman Statis.

 Sudahkah anda memasang fasilitas menu "contact form/ contact me/ contact us" di blog, Fitur ini biasanya berupa widget/gadget. Jika belum ada baiknya kamu membuatnya sekarang juga soalnya manfaat dari menu ini cukup penting untuk kita pasang di blog, gunanya untuk memfasilitasi pengujung blog yang ingin mengirimkan pesan kepada kita melalui email sebagai sharing secara personal antara pembaca dan pemilik blog, jika ada yang mau ditanyakan oleh pengunjung kepada pemilik blog atau ada perlu sesuatu lain, maka keberadaan menu contact form ini, keberadaan nya sangat penting dalam suatu blog.

Untuk membuatnya sangatlah mudah, karena blogger sendiri sudah menyediakan fasilitas tersebut akan tetapi penempatan Contact Form pada widget ini kayaknya kurang disukai, dan lebih memilih menempatkan contact form pada halaman statis atau halaman posting. Nah dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan sedikit trik agar widget Contact Form Blogger yang secara default bawaan blogger ada di bagian widget sidebar bisa dipindah atau di letakkan di halaman statis (static page) atau pada postingan blog.

Untuk membuat contact form ini berfungsi dengan baik harus terlebih dahulu menambahkan contact widget yang asli (default widget contact form blogger/bawaan blogger itu sendiri) kemudian kita bisa menyembunyikan atau tidak menampilkan widget contact tersebut dengan menambahkan kode CSS lalu kemudian kita bisa merubahnya menjadi tampilan contact widget yang lebih menarik.

Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang Widget Contact Form Blogger ini pada halaman statis atau pada postingan blog. Penampakan contact form ini seperti screenshoot di bawah ini :

Contact Form diHalaman Statis

Email masuk dari contact form blogger

Untuk Demonya Secara langsung silahkan lihat DiSini atau pada menu contact diatas header
  •  Tambahkan Widget Contact Form Blogger
    Untuk menambahkannya, masuk ke Setelan &#187 Tata Letak &#187 Tambahkan Gadget &#187 Gadget Lainnya &#187 Formulir Kontak
    Setelah ditambahkan, Untuk sementara biarkan Contact Form ada di widget / sidebar.
  • Untuk membuat kontak form berada dihalaman statis/postingan blog, masuk ke Laman &#187 Laman baru &#187 Laman kosong. Tambahkan kode dibawah pada mode HTML bukan Compose

<form name="contact-form">
Nama
<input id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" size="30" type="text" value="" />
Alamat Email <span style="color: red; font-weight: bolder;">*</span>
<input id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" size="30" type="text" value="" />
Isi Pesan <span style="color: red; font-weight: bolder;">*</span>
<textarea cols="50" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="10"></textarea>
<input id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Kirim" />
<div style="max-width: 222px; text-align: center; width: 100%;">
<div id="ContactForm1_contact-form-error-message">
</div>
<div id="ContactForm1_contact-form-success-message">
</div>
</div>
</form>


Pada Menu Pilihan, pilih Tekan "Enter" untuk baris baru.
Publikasikan.

  • untuk menyembunyikan contact form yang ada di bagian sidebar Tambahkan kode berikut ini di atas ]]></b:skin>

.widget.ContactForm * {display:none;}


     Sebagaimana banyak yang bilang, Blogger Contact Form memiliki beberapa kelemahan, diantaranya yaitu tidak adanya captcha, field yang sedikit, tidak dapat meng-upload file, dan tidak bisa dikostumisasi dari sisi server (tidak ada akses). Tetapi menurut saya Contact Form ini cukup bagus, dari pada menggunakan layanan contact form pihak ketiga yang memiliki batas. Dan menurut saya, Blogger dan Google tentunya sudah memiliki cara tersendiri untuk menangani spam.

    Sekian tutorial dari saya mengenai cara Memasang Widget Contact Form Blogger pada Halaman Statis.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Membuat Profil Blogger keren Seperti Google+

    Mengapa harus ngeblog dari sekarang